5 Tips Paling Ampuh Agar Website Diindeks Lebih Cepat

tips dan trik

Membuat Google atau mesin pencari lain untuk mengindeks situs Anda sangat penting bagi siapa pun yang bekerja di ruang digital.

Jika situs Anda tidak diindeks, Anda tidak muncul dimesin pencari dan, karenanya, tidak mendapatkan lalu lintas yang Anda butuhkan untuk berhasil.

Banyak yang mengambil pendekatan untuk memungkinkan mesin pencari mengindeks situs atau konten mereka secara organik. Metode ini membuang-buang waktu berharga yang dapat dihabiskan untuk berbagai kegiatan pengembangan bisnis.

 Ada taktik yang memungkinkan Anda untuk mengambil proses ini ke tangan Anda sendiri dan membuat mesin pencari untuk mengindeks situs Anda jauh lebih bijaksana.

Berikut adalah lima metode paling ampuh untuk membantu membuat situs Anda diindeks secara instan.

1. Gunakan Robots.txt

Bagi mereka yang tidak terbiasa, robots.txt memberi Google spider informasi tentang halaman mana yang mereka boleh jelajahi dan indeks. Jika Google bot tidak menemukan file ini, mereka akan merayapi dan mengindeks semua yang ada di situs.

Ini bisa sangat bermasalah jika situs menampung beberapa halaman dengan konten yang sama. Google menghukum situs dengan konten duplikat sehingga sebaiknya menggunakan ini jika Anda membagi halaman pengujian, atau tidak ingin halaman tertentu diindeks.

Namun perlu diketahui bahwa jika ini tidak dikonfigurasikan dengan benar, ini dapat membuat seluruh situs web Anda tidak muncul di SERPs (Search Engine Result Page). Jika Anda merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri dalam menangani tugas ini, yang terbaik adalah mempekerjakan pengembang untuk menanganinya untuk Anda.


2. Buat Blog dengan Konten yang Solid

Konten adalah fondasi SEO karena membantu mengarahkan lalu lintas, memasukkan kata kunci untuk menentukan peringkat, menghasilkan penjualan, dan memberikan segudang manfaat lainnya. Blog juga dapat membantu membuat situs Anda diindeks lebih cepat karena mereka biasanya menerima kenaikan halaman rata-rata yang diindeks 434 persen bila dibandingkan dengan halaman statis.

Tidak masalah niche Anda, blogging adalah aspek penting dari SEO dan membuat situs Anda diindeks.

Jika Anda akan memulai blog, pastikan Anda merumuskan strategi konten yang solid. Ini akan membantu Anda untuk menjaga publikasi Anda di jalur dan tetap konsisten dalam frekuensi posting. Cukup tanyakan pada diri Anda apa tujuan dari blog itu, identifikasi audiens target Anda, tentukan berbagai jenis konten yang ingin Anda buat dan di mana mereka akan diterbitkan, dan seberapa sering Anda berencana untuk menerbitkan.

Ini akan membantu Anda tetap pada jadwal yang ditentukan dan mengurangi waktu yang dibutuhkan Google atau mesin pencari lainnya untuk mengindeks materi Anda.

3. Berikan Blog Anda ke Direktori

Mengirimkan blog Anda ke katalog digital ini adalah cara lain untuk mempercepat waktu yang dibutuhkan mesin pencari untuk mengindeks halaman Anda. Ingat bahwa semua direktori tidak dibuat sama; beberapa bahkan dapat membahayakan kedudukan SERP (Search Engine Result Page) Anda sesuai dengan algoritma penguin.

Untuk memastikan bahwa Anda hanya mengirim ke sumber yang memiliki reputasi baik, periksa beberapa daftar peringkat teratas yang tersedia di Web dengan menyaring daftar direktori RSS dan blog TopRank dan memanfaatkan sumber daya serupa lainnya untuk membantu mengidentifikasi tempat terbaik untuk mengirim.

4. Setel dan Kirim Peta Situs

Dalam istilah paling sederhana, peta situs hanyalah daftar semua halaman web di situs Anda. Daftar ini membantu mesin pencari mengetahui perubahan, dan memberi tahu mereka seberapa sering mencari pembaruan. Kemungkinan ini tidak akan membuat situs Anda diindeks secara instan, tetapi merupakan sumber yang luar biasa untuk membantu dalam prosedur ini.

Jika Anda menjalankan WordPress, salah satu cara paling sederhana untuk mencapai ini adalah dengan menginstal plugin Google XML Sitemaps. Alat ini mudah digunakan dan pengaturannya memberi Anda semua sumber daya yang diperlukan untuk mengotomatisasi plugin untuk membuat peta situs pada interval waktu tertentu, memperbaruinya dan menyajikannya ke mesin pencari.

Tetapi jika menggunakan Blogpspot maka Anda harus kirim petas situs Anda ke webmaster google dengan format linkblog/sitemap.xml dan linkblog/feeds/posts/default

5. Perbarui Akun Media Sosial Anda

Dengan asumsi Anda sudah menyiapkan profil sosial, perbaiki profil ini untuk mencerminkan situs web atau tautan blog Anda. Jika Anda belum membuat halaman ini, sekaranglah saatnya. Membuat halaman atau memperbarui informasi ini di Profil Blogspot Anda sangat penting, untuk alasan yang jelas, tetapi jangan abaikan profil Anda.

Di samping menghasilkan atau memperbarui halaman sosial Anda, sama pentingnya untuk membagikan URL yang baru dibentuk melalui pembaruan posting Anda. Ini adalah cara terbaik untuk mendapatkan tautan ke halaman Anda.

Jika Anda berada di situs seperti YouTube yang tidak berfungsi dengan cara yang sama seperti Facebook atau Twitter, buat penelusuran video dari situs baru dan sertakan tautan dalam deskripsi. Karena Google melacak sinyal sosial, ini akan membantu membuat halaman Anda diindeks lebih cepat, dengan sedikit usaha.

Menerapkan langkah-langkah ini akan membantu membuat situs Anda diindeks dekat secara instan sehingga Anda dapat fokus pada mengarahkan lalu lintas, membangun tingkat konversi yang lebih tinggi dan membuat konten berkualitas yang akan membantu Anda menjadi yang teratas dalam SERP.

Ingatlah bahwa di dunia digital, semuanya selalu berubah. Praktik terbaik hari ini adalah taktik topi hitam masa depan, jadi pastikan bahwa informasi apa pun yang Anda integrasikan adalah terkini, terkini, dan didukung oleh berbagai sumber. Melakukan penelitian mendalam tentang topik-topik ini adalah bagian dari tugas Anda sebagai pemilik situs web. Gagal melakukannya, dan Anda kemungkinan akan merusak kursi Anda di SERP, dan kemungkinan lebih banyak lagi.

Taktik apa yang telah Anda gunakan untuk mendapatkan indeks lebih cepat? Apakah situs web Anda memiliki blog, dan jika demikian, bagaimana pengaruhnya terhadap upaya SEO Anda?

3 Komentar untuk "5 Tips Paling Ampuh Agar Website Diindeks Lebih Cepat"

  1. maksudnya dari no.3 itu gimana ya gan, saya masih kurang paham

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini sama halnya memberikan backlink ke blog orang lain

      Hapus
  2. Poin 5 yang sekarang jadi kendala. Sering diblokir.

    BalasHapus

Add Your Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel