Gambar SEO: Belajar Mengoptimalkan Gambar untuk Meninkatkan SEO


Dunia online semakin visual. Peningkatan teknologi terus membuat penyediaan citra yang apik dan mudah diukur menjadi lebih mudah, dan dengan begitu banyak persaingan untuk mendapatkan perhatian.

ini bukanlah pilihan yang dapat Anda abaikan jika Anda memiliki harapan untuk mengumpulkan khalayak yang besar secara online. Teks sederhana tidak akan pernah memiliki dampak yang sebanding.

Tetapi ketika menyangkut masalah implementasi, banyak individu dan perusahaan dapat berjuang. Mereka tidak benar-benar tahu jenis gambar apa yang harus mereka gunakan, bagaimana mereka harus mempresentasikan, memformat dan menandai mereka, dan nilai apa (jika ada) yang mereka miliki untuk pencarian.

Itulah yang akan kita bahas di bagian ini.

Bagaimana Anda dapat memilih gambar yang tepat untuk kebutuhan Anda,

dan bagaimana Anda dapat mengoptimalkannya sehingga memberikan nilai maksimal.

Mari kita mulai.


Apa yang harus Anda lakukan dengan gambar Anda


Sebelum Anda menjalani pekerjaan pengoptimalan, Anda harus yakin bahwa gambar yang Anda gunakan adalah yang paling tepat untuk posisi mereka. Jangan pernah lupa bahwa semua elemen konten Anda ada untuk melayani tujuan. Apa yang ingin dicapai oleh setiap gambar?

 Apakah itu gagal mencapai tujuan itu? Ini sangat penting untuk SEO karena mesin pencari akan sangat mempengaruhi pengalaman pengguna - semakin baik gambar Anda sesuai dengan perannya, semakin baik halaman akan tampil, dan semakin banyak mesin pencari akan memberi Anda penghargaan dengan peningkatan peringkat.

Berikut beberapa sasaran yang mungkin Anda miliki untuk sebuah gambar:

  • Tangkap mata. Ini sangat penting untuk gambar yang muncul sebagai thumbnail untuk daftar konten di umpan media sosial atau dalam pencarian gambar. Penampil saat ini tidak terlibat dengan konten Anda, dan disertai dengan opsi - dengan menonjol secara visual, Anda dapat menariknya.
  • Pertahankan perhatian. Setelah Anda mendapatkan perhatian seseorang, dapatkah Anda menyimpannya cukup lama untuk mereka terlibat dengan konten Anda yang lain? Sebuah gambar mungkin sangat menarik tetapi tidak memiliki kedalaman untuk menghindari seseorang memantul saat mencapai halaman. Memegang perhatian membutuhkan kerja berkualitas tinggi.
  • Tetapkan topik. Seseorang yang baru saja melirik judul sebuah karya mungkin akan memindai gambar utama untuk mendapatkan gambaran tentang topik tersebut. Dalam banyak kasus, dimungkinkan untuk mengomunikasikan topik dengan jelas melalui gambar bahkan jika Anda tidak menggunakan teks.
  • Konfirmasikan suatu topik. Gambar pada halaman arahan tidak hanya perlu memberi petunjuk pada topik tetapi juga mengikuti apa pun yang mengarahkan pengunjung ke halaman. Ini adalah masalah memiliki corong pemasaran yang kohesif dan mencocokkan iklan Anda dengan konten Anda.
  • Tetapkan suasana hati. Apakah isinya seharusnya lucu, sedih, atau menginspirasi? Melalui tidak hanya materi pelajaran tetapi juga warna, nada dan tekstur, gambar dapat mengatur suasana hati untuk konten, sehingga lebih efektif dan lebih mudah diingat.
  • Menyediakan informasi. Pikirkan spanduk satu halaman penuh untuk sebuah acara. Jarang jika pernah ide yang bagus untuk membebani gambar dengan teks, tetapi jika Anda menggunakannya dengan hemat dan jelas itu bisa sangat berguna.

Setelah Anda mengetahui peran elemen gambar tertentu, Anda dapat memutuskan gambar mana yang melakukan apa yang perlu mereka lakukan, dan mana yang perlu diganti. Jangan puas dengan visual biasa-biasa saja - sepertinya tidak sesulit yang Anda bayangkan untuk mendapatkan beberapa visual berkualitas tinggi, seperti yang akan kita lihat nanti.

Cara mencari gambar yang bagus untuk SEO


Ada dua pendekatan utama yang dapat Anda gunakan untuk gambar Anda: Anda dapat mengambil sumber Anda sendiri menggunakan fotografer atau desainer grafis, atau membuatnya sendiri, atau Anda dapat menggunakan stok foto. Opsi mana yang harus Anda gunakan bergantung pada jenis gambar yang Anda butuhkan.

  • Buat gambar Anda sendiri jika Anda tahu apa yang Anda lakukan, Anda punya waktu untuk dihabiskan untuk itu, dan Anda merasa bahwa Anda dapat membawa bakat yang unik dan konsisten untuk pekerjaan itu. Keuntungan besar dari pendekatan ini adalah Anda dapat membangun gaya bermerek yang orang akan kaitkan dengan Anda - sesuatu yang dapat terbukti berharga untuk pencarian karena orang akan melihat gambar Anda dan dengan cepat mengenali dari mana mereka berasal. Kelemahannya, tentu saja, memakan waktu dan seringkali tidak perlu.
  • Dapatkan bantuan profesional jika Anda memerlukan gambar khusus terbaik foto produk, misalnya, atau ilustrasi canggih untuk halaman arahan yang disetel dengan halus. Ini adalah opsi yang paling mahal dan dalam banyak kasus akan berlebihan, tetapi jangan dikesampingkan, terutama untuk konten Anda yang paling penting. Hanya satu gambar ikon dapat membuktikan sepenuhnya bernilai semua upaya dan investasi dalam jangka panjang.
  • Gunakan foto stok jika Anda tidak memerlukan sesuatu yang unik dan Anda hanya ingin mengatur suasana hati atau berkomunikasi topik yang luas. Untuk artikel seperti ini, tidak akan ada manfaat praktis untuk menggunakan gambar khusus - itu akan menambah banyak waktu untuk pembuatan, tetapi tanpa menambahkan banyak nilai pada karya tersebut, jadi saya hanya memilih sesuatu yang sesuai dari stok foto. pada Burst.
  • Sesuaikan foto stok jika Anda tidak dapat menemukan gambar stok yang terlihat benar. Menggunakan alat pengeditan Photoshop adalah pilihan kelas atas, tentu saja, tetapi ada perangkat lunak gratis yang intuitif seperti Canva atau Piktochart di luar sana, Anda dapat mengambil gambar stok dan mengerjakan ulang dengan menambahkan atau menghapus elemen atau teks hingga Anda mendapatkan sesuatu yang sesuai.

Dalam kebanyakan kasus, Anda seharusnya bisa menggunakan salah satu dari dua opsi terakhir. Anda harus selalu berusaha menimbang ROI dari waktu dan uang yang Anda habiskan untuk gambar Anda - komit sumber daya paling banyak untuk gambar yang paling penting dan Anda akan mendapatkan hasil terbaik.


Cara menyajikan gambar Anda secara efektif


Setelah mengetahui apa yang Anda ingin gambar Anda lakukan, dan memilih sumber daya terbaik, Anda perlu membuat presentasi Anda dengan benar. Presentasi penting tidak hanya dari sudut pandang pengalaman pengguna yang telah kami ambil sejauh ini, tetapi juga dari sudut pandang teknis, seperti yang akan Anda lihat sebentar lagi.

  • Dapatkan rasio aspek yang benar. Bergantung pada kemana arah gambar pada halaman (atau dalam konten media sosial), mungkin perlu mematuhi rasio aspek tertentu agar terlihat bagus, atau bahkan untuk ditampilkan sama sekali. Google dikenal lebih suka rasio aspek tertentu untuk gambar yang disukai, jadi bertujuan untuk tetap pada rasio yang cukup standar.
  • Pilih format yang tepat. Jenis file gambar yang berbeda baik untuk hal yang berbeda. JPG baik untuk gambar yang sangat rumit yang tidak perlu super tajam, terutama foto. PNG sangat bagus untuk gambar kartun yang harus tajam secara maksimal. Pilih format yang tepat untuk gambar Anda agar ukurannya tetap rendah dan tetap terlihat bagus.
  • Mulai besar dan turunkan. Karena pada akhirnya Anda mungkin membutuhkan beberapa ukuran gambar yang berbeda di berbagai platform yang berbeda, misalnya, Anda harus mulai dengan gambar terbesar yang bisa Anda dapatkan dan kemudian membuat versi yang diperkecil sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, jika gambar unggulan Anda selalu selebar 1200px, jangan tampilkan gambar selebar 2400px - itu hanya akan memperlambat halaman ke bawah.
  • Posisikan gambar Anda dengan masuk akal. Ada format halaman yang cukup standar yang melihat gambar digunakan untuk memimpin konten dan kemudian memecah bagian. Cobalah untuk tidak menyimpang dari ini dengan menggabungkan beberapa gambar secara berurutan atau hal serupa yang tidak biasa. Ini akan membingungkan pembaca dan karenanya merusak peringkat Anda.

Setelah memilah-milah presentasi Anda, Anda dapat beralih ke elemen SEO gambar: penandaan metadata yang sering diabaikan.

Cara memberi tag pada gambar dengan benar


Sama seperti Anda menandai halaman web dengan judul dan deskripsi, Anda harus selalu memberi tag pada gambar Anda dengan teks alternatif dan teks judul jika Anda menginginkannya. Alt teks penting karena mesin pencari teks akan digunakan untuk mencari tahu apa gambar Anda, dan juga penting untuk aksesibilitas - teks alt Anda akan ditampilkan di tempat gambar jika tidak mau memuat, dan digunakan oleh pembaca layar untuk menggambarkan gambar untuk tunanetra.

Alt text tidak terlalu sulit untuk ditulis - itu sebenarnya hanya deskripsi dasar dari apa yang terdapat pada gambar. Alt teks saya untuk gambar utama artikel ini, misalnya, akan menjadi sesuatu seperti "teropong yang dioperasikan dengan koin yang memandang ke seberang lautan." Tidak perlu sesuatu yang revolusioner atau sangat rinci, hanya perlu mendapatkan intinya seberang.

Cara membangun tautan melalui gambar


Setelah mengoptimalkan gambar Anda secara efektif, Anda akan diposisikan dengan baik untuk ditampilkan dalam cuplikan Google dan muncul dalam pencarian gambar, tetapi itu tidak semua yang dapat Anda lakukan dengan gambar Anda untuk membantu membawa lebih banyak lalu lintas dan meningkatkan hasil pencarian Anda - Anda dapat juga menggunakannya untuk membangun tautan jika Anda membuat gambar khusus.

Jika Anda menulis konten untuk dibagikan di tempat lain, Anda dapat menggunakan salah satu gambar Anda sendiri dan menyertakan tautan atribusi ke situs web Anda, membuat Anda mendapatkan beberapa ekuitas tautan. Anda juga dapat membuat gambar khusus Anda dapat diakses oleh orang lain di bawah sesuatu seperti lisensi creative commons - jika seseorang menggunakan salah satu gambar Anda di konten mereka, mereka kemungkinan akan memilih untuk memberi kredit kepada Anda, yang akan memberi Anda tautan lain.

Dan jika Anda tidak menggunakan gambar Anda sendiri, Anda masih bisa mendapatkan tempat melalui penggunaan gambar. 

Hubungi seseorang yang gambarnya Anda gunakan untuk berterima kasih atas bantuannya, dan tautkan ke konten Anda. Jika mereka menyukainya, mereka mungkin memilih untuk menautkan Anda dengan bonus gratis yang sangat dihargai.

8 Komentar untuk "Gambar SEO: Belajar Mengoptimalkan Gambar untuk Meninkatkan SEO"

  1. Artikelnya sangat membantu, bang. Ditunggu BWnya bang di BlogSaya

    BalasHapus
  2. nice tips. saya selalu gunakan alt dan title pada gambar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksih, dan memang alt dan title lebih penting sebenarnya untuk gambar.

      Hapus
  3. Tips yang bagus dan sangat bermanfaat Gan. Alhamdulillah di setiap gambar di posting ane selalu menggunakan title dan alt pada gambar. Terima kasih Gan.

    Monggo singgah di www.abdulmajid.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan, tips yang paling penting sebenarnya disini adalah menggunakan title dan alt pada gambar yang akan dipsoting. dan Sama-sama

      Hapus
  4. Ya. Bukan hanya tampilan, tapi kadang gambar dalam artikel juga berpengaruh pada kenyamanan bagi pengguna saat membaca atau berkunjung.

    BalasHapus

Add Your Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel