Cara Check Kinerja Mobile Situs Web Menggunakan Alat Google Gratis

tips dan trik

Setelah Google Update Juli 2018, kecepatan memuat situs web Anda, terutama di seluler, telah menjadi lebih penting dari sebelumnya sebagai faktor peringkat SEO.

Jumlah pengguna internet seluler telah melampaui pengguna desktop sejak 2017, dan jumlah mereka telah terus bertambah. Hampir dalam semalam, memiliki situs web yang ramah seluler sudah menjadi keharusan.

Google menyediakan beberapa alat gratis namun sangat kuat yang dapat digunakan untuk menguji dan meningkatkan kinerja situs web https://turboweb.org/ di seluler. Mari kita lihat lebih dekat:

Google mobile-friendly test 

Cukup masukkan URL Anda dan tekan tombol "Uji". Jika Anda lulus, Anda akan mendapatkan pesan hijau yang mengatakan "Luar biasa! Halaman ini ramah seluler! ".

Jika Anda gagal, maka Anda akan ditampilkan daftar masalah teknis yang dapat diperbaiki, serta rekomendasi tentang cara melakukannya. Tes ini akan melaporkan masalah seperti:

Plugin tidak kompatibel
Viewport tidak disetel
Viewport tidak diatur ke "lebar perangkat"
Konten lebih luas dari layar
Teks terlalu kecil untuk dibaca
Elemen yang dapat diklik terlalu berdekatan

Google page speed insights 

Alat ini akan menguji kecepatan Anda di ponsel dan desktop. Sama seperti sebelumnya, cukup tambahkan URL Anda dan klik tombol "Uji". Anda kemudian akan melihat sesuatu seperti ini:

Hasil harus ditafsirkan dengan hati-hati. WP Rocket dan TurboWeb keduanya menunjukkan bagaimana skor alat ini, berkali-kali, bukan cerminan kenyataan yang baik. Tujuan utama alat ini adalah membantu pengembang mendeteksi dan memperbaiki masalah yang mungkin memperlambat situs web. Tidak ada yang dapat menyangkal bahwa itu adalah alat yang hebat untuk tujuan itu. Tetapi skor yang ditunjukkannya seringkali tidak berarti dalam menilai kinerja situs web Anda. Anda harus lebih khawatir tentang memperbaiki masalah yang terdeteksi oleh alat ini, daripada sibuk dengan skor.

Masalah-masalah tersebut mungkin termasuk:


  • Menghindari pengalihan halaman arahan
  • Mengaktifkan kompresi
  • Meningkatkan waktu respons server
  • Memanfaatkan caching browser
  • Meminimalkan sumber daya
  • Mengoptimalkan gambar
  • Mengoptimalkan Pengiriman CSS
  • Memprioritaskan konten yang terlihat
  • Menghapus JavaScript yang memblokir render


Alat penting lainnya untuk menguji kinerja situs web Anda

WebPageTest - Alat ini juga dikembangkan oleh Google, tetapi dimaksudkan terutama untuk para profesional, sehingga pengguna amatir mungkin merasa sedikit sulit untuk digunakan. Itu menjadi satu-satunya alat yang benar-benar mengukur kecepatan nyata bagi pengguna nyata. Yang lainnya hanyalah alat "praktik terbaik". Oleh karena itu, ini adalah alat untuk menilai kinerja web Anda yang sebenarnya.

Pingdom.com - Alat hebat lainnya, selama Anda mengabaikan apa yang diklaim sebagai waktu pemuatan Anda dalam hitungan detik. Angka-angka itu akan selalu tidak akurat dan biasanya jauh lebih kecil dari pada kenyataannya.

GTMetrix.com - Sama seperti Pingdom dan Google Page Speed ​​Insights, ini adalah alat "praktik terbaik" lain yang dimaksudkan untuk mendeteksi masalah, bukan untuk mengukur kecepatan pemuatan secara akurat. Kecepatan nyata situs web Anda untuk pengguna nyata hanya dapat diukur di WebPageTest.

Kesimpulan

Dengan bantuan alat-alat canggih ini, Anda akan dapat mendiagnosis masalah yang membuat situs web Anda tidak mencapai kinerja tinggi. Ini akan memiliki manfaat finansial yang signifikan dalam jangka panjang karena Anda diperkirakan kehilangan 11% lalu lintas dan 7% konversi untuk setiap detik tambahan waktu muat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Check Kinerja Mobile Situs Web Menggunakan Alat Google Gratis"

Posting Komentar

Add Your Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel