Menggunakan Alat Gratis Google untuk Meningkatkan SEO Anda

SEO


Sejak Google mulai mendominasi lanskap pencarian, Google telah menawarkan berbagai alat untuk Webmaster untuk meningkatkan peringkat mereka.

Pada tahun-tahun awal, alat Webmaster menyediakan banyak data yang dapat ditindaklanjuti kepada pemilik situs web. Itu ditingkatkan ke Google Search Console dan sekarang Google juga telah memperbarui Google Search Console dan semua laporan langsung dikirim ke Webmaster untuk membuat mereka mengetahui berbagai masalah yang memengaruhi situs web mereka di hasil pencarian Google.

Inilah cara Anda dapat menggunakan alat gratis ini dari Google untuk meningkatkan peringkat Anda di halaman hasil mesin pencari.

Pertama dan terpenting, Anda perlu memahami apa yang termasuk dalam Google Search Console. Ini memiliki berbagai kegunaan tetapi terutama, Anda dapat menggunakan konsol pencarian untuk mengirimkan konten baru ke crawler mesin pencari.

Ini juga memungkinkan Anda untuk mengirimkan URL yang tidak ingin ditampilkan dalam hasil pencarian dan untuk menjaga situs Anda tanpa menyebabkan gangguan pada kinerja pencariannya. Tautan balik berkualitas rendah telah menjadi kutukan bagi para webmaster tetapi dengan bantuan Google Search Console,

Anda dapat dengan mudah memantau dan menolak tautan balik itu yang dapat berdampak negatif pada peringkat pencarian Anda. Backlink berkualitas tinggi tidak mudah didapat dan harganya sangat tinggi.

Tetapi https://guestposts.online/ dapat membantu Anda mengambil backlink berkualitas tinggi dengan harga murah melalui teknik topi putih.

Meskipun Google Analytics menyediakan banyak data, Anda akan mendapatkan data mendalam tentang kinerja situs Anda dalam hasil pencarian organik di konsol pencarian.

Anda akan menemukan bahwa sebagian besar pencarian teratas dalam laporan analitik Google Anda dilabeli sebagai tidak disediakan. Di sisi lain, konsol pencarian menawarkan Anda lebih banyak data mendalam karena data di konsol pencarian dikumpulkan dari semua pencarian yang dilakukan di mesin pencari Google.

Ini tidak terjadi dengan analitik Google karena hanya digunakan untuk mengukur lalu lintas yang datang ke situs web Anda. Dengan kata lain, Google analytics tidak menawarkan data tentang peluang yang terlewatkan sedangkan data ini ditawarkan oleh konsol pencarian.

Dalam istilah sederhana, konsol pencarian memungkinkan Anda menemukan kueri tempat situs Anda muncul di hasil pencarian. Selain itu, Anda juga akan menemukan data di domain lain yang tertaut ke situs web Anda. Google sekarang telah membangun kembali konsol pencarian dari bawah ke atas untuk menawarkan lebih banyak alat dan wawasan ke Webmaster.

Webmaster sekarang dapat dengan mudah mengetahui halaman web situs web mereka yang diindeks. Mereka juga akan mendapatkan wawasan tentang bagaimana mereka dapat memperbaiki kesalahan pengindeksan dan memiliki akses ke data senilai 16 bulan yang sebelumnya dibatasi hanya untuk 90 hari terakhir.

Akses ke data senilai 16 bulan memudahkan Anda menemukan tren jangka panjang dan memungkinkan Anda membuat perbandingan tahun ke tahun.

Konsol pencarian baru juga menawarkan banyak data tentang berbagai kesalahan pengindeksan umum serta cara untuk memperbaikinya. Laporan cakupan indeks memberi tahu Anda bagaimana URL diindeks di situs web Anda oleh Google.

Laporan lain juga akan memberi tahu Anda tentang berbagai kesalahan lain dan bagaimana Anda bisa menyelesaikan kesalahan itu. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan laporan untuk memperbaiki kesalahan perayapan yang ditemukan perayap Google saat merayapi situs web Anda.

 Misalnya, Anda akan menemukan apakah ada masalah dengan file robots.txt Anda yang mencegah perayapan laman web tertentu.

Ini hanya beberapa pembaruan terbaru yang dibuat untuk konsol pencarian Google tetapi diharapkan bahwa Google akan terus menambahkan lebih banyak data dan wawasan dalam alat bantu gratis ini untuk membantu Webmaster mempertahankan dan meningkatkan peringkat pencarian mereka.

Penting untuk disebutkan di sini bahwa meskipun konsol pencarian Google menawarkan banyak data, adalah tanggung jawab Webmaster untuk memperbaiki semua kesalahan yang dilaporkan. Penting juga bagi webmaster untuk menerbitkan konten yang bermanfaat di situs web mereka untuk mendapatkan lalu lintas bertarget berkualitas tinggi dari hasil pencarian organik.

Secara keseluruhan, ini hanya beberapa cara Anda dapat menggunakan alat gratis ini dari Google untuk meningkatkan SEO Anda. Google telah mengumumkan bahwa mereka akan terus meluncurkan fitur baru untuk membantu Webmaster.

Jadi, perhatikan pengumuman di blog Google untuk mengetahui fitur terbaru yang ditambahkan ke konsol pencarian dan bagaimana Anda dapat memanfaatkan fitur-fitur itu untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas gratis dari pencarian organik.

2 Komentar untuk "Menggunakan Alat Gratis Google untuk Meningkatkan SEO Anda"

  1. Lagi-lagi tips yang sangat bagus. saya suka yang beginian. SEO masih menjadi kendala buat saya karena ketidakpahaman. saya cuma bisa nulis dan nulis di blog tanpa pernah tahu SEO-nya.
    lintas12,com
    sodikin,com

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya semoga tips ini membantu karna dgn adanya tools gratis apa lagi dari google. ini sangat membantu blog atau web Anda di mesin pencarian google

      Hapus

Add Your Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel