Cara Cepat Membuka Blokir YouTube

tips dan trik

YouTube, yang merupakan platform berbagi video, berada di peringkat kedua di antara situs web populer di dunia oleh Alexa pada 2017. Karena popularitasnya yang semakin meningkat, penyensoran penggunaannya telah terjadi. Jadi sebelum Anda mencoba membuka blokir YouTube, yang terbaik adalah memahami mengapa itu pertama kali diblokir.

Di artikel ini, Anda akan diajarkan cara membuka blokir YouTube di mana pun Anda berada.

Alasan untuk Memblokir YouTube


Pemblokiran YouTube oleh negara atau organisasi terjadi karena berbagai alasan. Ini termasuk:


  1. Untuk membatasi pemaparan orang ke video yang dapat memicu kerusuhan politik atau sosial.
  2. Untuk mencegah kritik terhadap pemerintah, pejabat pemerintah atau pemimpin agama.
  3. Untuk mencegah akses ke video yang dinilai tidak pantas untuk anak muda.
  4. Sekolah, bisnis, lembaga pemerintah, dan badan swasta lainnya sering membatasi akses ke situs web sosial seperti YouTube, karena pembatasan laju transmisi data dan kemungkinan gangguan situs web yang tak terelakkan.

Di beberapa negara, akses ke YouTube tidak mungkin, baik untuk larangan jangka panjang atau untuk jangka waktu tertentu. 

Beberapa negara bahkan membatasi akses untuk mengunduh dan menggunakan YouTube Unblocker.

Menggunakan Proksi untuk Membuka Blokir YouTube

Menggunakan proxy dapat membantu Anda membuka blokir video YouTube atau mendapatkan akses ke seluruh situs YouTube itu sendiri - yang harus Anda lakukan hanyalah memahami cara kerjanya. Proxy memungkinkan Anda mengarahkan lalu lintas web Anda melalui server yang tidak dibatasi atau dipantau. Proxy berbasis web sehingga Anda tidak dapat menggunakannya dalam aplikasi yang diinstal di komputer atau ponsel Anda.

Dengan kata lain, Anda dapat menggunakan proxy untuk melihat video YouTube di tab browser tetapi tidak di aplikasi YouTube di komputer Anda. Proxy sangat terkenal ketika datang ke keamanan internet dan semua orang dari administrator sekolah ke seluruh badan pemerintah cenderung mematikan mereka segera setelah mereka ditemukan.

Langkah-langkah untuk Menggunakan Proksi

Agar berhasil mempelajari cara membuka blokir YouTube, Anda harus mengikuti langkah-langkah di bawah ini dengan religius.

Langkah 1: 
Unduh browser web yang baru saja diperbarui dan kemudian klik dua kali pada ikon browser web untuk membuka.

Langkah 2: 
Di bilah alamat, biasanya terletak di bagian atas browser, ketikkan salah satu situs web proxy berikut; www.proxfree.com, www.hide.me/en/proxy, www.proxysite.com. Jika Anda tidak memiliki akses ke situs-situs ini, coba ketikkan “proxy online gratis” di Google dan periksa hasil yang relevan sampai Anda menemukan situs proxy yang dapat diakses yang dapat menggantikan yang terdaftar di atas. Setiap situs web proxy ini akan membawa Anda ke halaman yang biasanya terdiri dari bilah pencarian.

Langkah 3: 
Temukan dan klik bilah pencarian. Bilah pencarian harus memiliki "Masukkan URL" atau "Alamat web" (atau yang serupa) tertulis di dalamnya atau di sebelahnya. Ketik salah satu situs web yang ingin Anda kunjungi - dalam hal ini, ketik youtube.com. Melakukan hal itu akan meminta proxy untuk mulai memuat YouTube. Ini mungkin membutuhkan waktu lebih lama dari yang diharapkan, jadi Anda harus bersabar, tetapi siapa yang peduli jika Anda mendapatkan yang Anda inginkan.

Setelah mengikuti langkah terakhir, Anda harus dapat menonton video YouTube dan juga menggunakan fitur apa pun di YouTube. Penting untuk dicatat bahwa YouTube tidak dapat dilihat di tab lain.

Menggunakan VPN untuk Membuka Blokir YouTube

Arti penuh VPN adalah Virtual Private Network. Mereka memperluas jaringan pribadi di jaringan publik dan memungkinkan pengguna untuk menerima dan mengirim informasi di seluruh jaringan publik sehingga sepertinya perangkat mereka terhubung ke jaringan pribadi. Tidak seperti proxy, VPN bekerja dari tingkat sistem untuk memindahkan semua lalu lintas Internet Anda ke server yang aman, yang memungkinkan Anda untuk mem-bypass firewall dan pembatasan web lainnya. VPN berbayar juga memiliki enkripsi dan fitur yang kompleks yang akan melindungi identitas Anda jika VPN gagal. VPN gratis tidak disarankan untuk digunakan di China. Menggunakan VPN dapat membantu Anda mempelajari cara membuka blokir YouTube di sekolah, kantor, atau di lokasi mana pun.

Langkah-langkah untuk Menggunakan VPN untuk Membuka Blokir YouTube

Langkah 1:
Untuk menikmati manfaat penuh menggunakan VPN, Anda disarankan memilih platform VPN berbayar. Tinjauan terperinci tentang jenis VPN yang akan digunakan dibahas nanti dalam artikel ini, tetapi Anda bisa memilih platform VPN apa pun yang Anda inginkan. Namun, Anda perlu memastikan platform yang Anda pilih tidak berkantor pusat di China karena karena kebijakan China tentang penggunaan VPN, setiap platform VPN berbasis di China kemungkinan akan ditutup. Setelah memilih platform, cobalah membaca ketentuan penggunaan dan juga membaca forum online tentang ulasan tentang platform. Ini akan memberi Anda gambaran tentang apa yang diharapkan.

Langkah 2: 
Untuk menjalankan VPN dari platform yang Anda pilih di komputer, ponsel cerdas, atau tablet Anda, Anda diharuskan mendaftar di sebagian besar platform VPN. Ini memastikan bahwa Anda akan memiliki login khusus ketika Anda benar-benar menautkan ke VPN.

Langkah 3:
Beli keanggotaan bulanan, dengan alasan sebagian besar VPN gratis diblokir di beberapa negara. Membeli keanggotaan bulanan atau tahunan akan memastikan bahwa VPN Anda akan berfungsi di mana saja.

Langkah 4: 
Setelah membeli VPN Anda, Anda mungkin memiliki opsi untuk mengunduh program yang memungkinkan Anda untuk mengubah pengaturan VPN dan memantau penggunaannya; program-program ini terkadang membantu fungsi VPN dengan benar.

Pengantar Pengaturan Teknis VPN

Langkah 1: 

Unduh dan instal program terkait VPN dengan mengikuti instruksi VPN pilihan Anda. Sayangnya, beberapa perangkat lunak VPN tidak dapat diunduh saat Anda berada di China. Jika memungkinkan, selesaikan langkah ini di luar Tiongkok. Google Play Store dan beberapa aplikasi di App Store diblokir di Cina, sehingga Anda tidak akan dapat mengunduh aplikasi VPN di ponsel.

Langkah 2:

 Klik buka halaman Pengaturan VPN Anda. Metode untuk melakukan ini bervariasi tergantung pada sistem operasi Anda dan apakah Anda menggunakan komputer atau perangkat seluler. Pada Windows, klik Mulai, klik kiri pada Pengaturan, pilih Jaringan & Internet, klik tab VPN, dan klik koneksi "Tambahkan VPN" di bagian atas halaman.

Pengaturan Teknis Final VPN

Langkah 1: 

Jika Anda menggunakan Mac, klik dan buka menu Apple, pilih System Preferences, lalu Network, klik tanda plus di sudut kiri bawah, lalu pilih kotak drop-down “Interface”, dan klik VPN. Pada iPhone, buka pengaturan, lalu ketuk Umum, pilih VPN, dan ketuk “Tambahkan Konfigurasi VPN.” Jika Anda menggunakan Android, buka Pengaturan, pilih lebih banyak di bawah area “Nirkabel & jaringan”, lalu pilih VPN, dan ketuk tanda tambah atau ADD VPN. Masukkan detail VPN Anda. Bagian ini akan bervariasi tergantung pada jenis VPN yang Anda gunakan, jenis otentikasi yang diperlukan VPN Anda, dan banyak lagi. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang informasi mana yang akan digunakan, periksa halaman "Bantuan" VPN yang Anda pilih.

Langkah 2: 

Segera setelah Anda selesai memasukkan informasi VPN Anda, simpan konfigurasi Anda.

Langkah 3: 

Sambungkan ke VPN. Langkah ini pasti akan bervariasi tergantung pada platform yang berbeda, tetapi konsepnya sama. Pada Windows dan Mac, pilih VPN pada halaman "VPN", klik Sambungkan di bawahnya, dan isi setiap detail yang diminta. Di iOS, ketuk sakelar putih di sisi kanan nama VPN, lalu isi informasi yang diminta jika diminta saat di Android, pilih nama VPN Anda di halaman VPN, lalu ketuk "CONNECT" dan isi rincian yang sesuai. Pastikan VPN berjalan sebelum Anda mencoba membuka YouTube.

Contoh Layanan VPN yang Andal


Ada berbagai platform VPN untuk dipilih, namun, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, versi berbayar menawarkan lebih banyak fleksibilitas dan jangkauan yang lebih luas. Mereka juga lebih aman daripada versi gratis.

Ini adalah beberapa platform VPN berbayar yang lebih andal:

  1. NordVPN: Platform ini menawarkan klaim garansi uang kembali 30 hari jika Anda tidak menyukai layanan mereka. Menggunakan platform ini selama sebulan harganya $ 11,95, sementara setahun harganya $ 83,88 ($ 6,99 / bulan). Baca ulasan: https://vpnpro.com/vpn-reviews/nordvpn-review/
  2. PrivateVPN: Platform ini juga menawarkan jaminan uang kembali 30 hari dan biaya berlangganan bulanan $ 10,95, sementara setahun harganya $ 72,00 ($ 5,95 / bulan).
  3. CyberGhost: Biaya berlangganan bulanan $ 11,99 sementara berlangganan satu tahun adalah $ 59,88 ($ 4,99 / bulan) dengan jaminan uang kembali 30 hari.
  4. TunnelBear: Platform ini memiliki versi gratis tetapi dibatasi hanya 500mb / bulan dan biaya berlangganan bulanan $ 9,99 sedangkan biaya berlangganan setahun $ 59,99 ($ ​​5 / bulan), meskipun mereka tidak menawarkan jaminan uang kembali dalam bentuk apa pun.
  5. Akses Internet Privat: Mereka menawarkan jaminan uang kembali 7 hari dan biaya berlangganan bulanan $ 6,95 sementara setahun biaya $ 39,95 ($ 3,33 / bulan) 6. ExpressVPN: Ini menawarkan jaminan uang kembali 30 hari dan berlangganan bulanan berlaku untuk $ 12,95 sementara setahun adalah $ 99,95 ($ 8,32 / bulan).
  6. StrongVPN: Ini biaya $ 10 setiap bulan dan $ 69,99 per tahun. Mereka menawarkan jaminan uang kembali 30 hari untuk pelanggan baru mereka.
Seperti yang Anda lihat, ada banyak VPN hebat di sekitarnya.

Negara Tempat Akses ke YouTube Diblokir Saat Ini

Beberapa negara melarang video aneh di YouTube, tetapi ada negara lain yang telah memblokir penggunaan YouTube sama sekali. Salah satu negara ini jelas Cina. Akses ke YouTube pertama kali diblokir pada 2007, tetapi diperkirakan hanya bersifat sementara. Namun, itu benar-benar diblokir pada 24 Maret 2009.

Pada 2012, Iran mengizinkan blok lengkap YouTube setelah trailer untuk film Innocence of Muslims dirilis. Namun, beberapa acara televisi, startup, selebriti, dan politisi moderat di Iran memiliki akun YouTube aktif.

Korea Utara umumnya memiliki undang-undang yang ketat tentang keseluruhan penggunaan internet dan aksesibilitasnya.

Cara Lain untuk Membuka Blokir YouTube

VPN tidak selalu cocok untuk semua orang karena mungkin terlalu mahal untuk beberapa orang sementara yang lain mungkin kesulitan menginstal perangkat lunak yang diperlukan. Ada dua cara sederhana lain yang dapat digunakan untuk membuka blokir YouTube. Namun, jika akses Anda dibatasi oleh undang-undang negara, jangan gunakan metode ini.

Alih-alih, gunakan yang dijelaskan di awal artikel ini. Metode pertama menggunakan HTTPS. Trik ini sangat sederhana dan mudah. Yang harus Anda lakukan adalah mengganti "HTTP" dengan "HTTPS". Misalnya, alih-alih http://www.youtube.com, gunakan https://www.youtube.com. Dengan melakukan ini, Anda mungkin dapat melewati blok, dengan keamanan tambahan.

Trik kedua adalah mengubah alamat Domain Name System (DNS) dari Server Anda. Banyak blok menjalankan permintaan lalu lintas Anda melalui server mereka, jadi, dengan menyiasatinya, Anda berkeliling blok. Mengubah alamat DNS bervariasi pada sistem operasi yang berbeda, tetapi bekerja dengan cara yang hampir sama.

Untuk mengubah, buka "pengaturan jaringan", lalu temukan "properti koneksi jaringan" Di bawah "IPv4," Anda akan melihat tab yang disebut "server DNS", ubah server menjadi "8.8.4.4" atau "8.8.8.8" dan nyalakan ulang komputernya. Ini juga dapat dilakukan pada beberapa browser, bukan di komputer Anda. Cukup cari nama browser Anda dan "ubah pengaturan DNS" di Google.

Seberapa Aman Anda Saat Menggunakan VPN dan Proksi?

Sebanyak Anda akan senang mendapatkan akses ke YouTube di mana saja di dunia dan menikmati layanan mereka, Anda juga harus mengetahui detail pribadi Anda. Jika Anda ingin memotong blok menggunakan metode yang dijelaskan di sini, Anda juga berisiko diretas dan data pribadi Anda dicuri.

Jangan takut, ini tidak selalu terjadi, tetapi ini hanya kepala untuk waspada. Untuk mendapatkan jaminan data yang aman, gunakan hanya layanan VPN atau proxy dari penyedia terkenal. Hindari pergi untuk layanan murah karena ini mungkin menjadi pintu bagi peretas ke komputer Anda tanpa Anda sadari.

Pada akhirnya, platform VPN dan Proksi dirancang untuk menjaga Anda tetap aman, karena mereka bertindak sebagai jembatan antara komputer Anda dan situs yang Anda coba kunjungi terutama ketika Anda menggunakan "HTTPS" dengan situs apa pun yang Anda kunjungi. "S" tambahan berarti aman dan semua komunikasi antara komputer Anda dan situs web dienkripsi.

Hal baik lainnya, yang sangat penting, adalah bahwa platform ini menawarkan anonimitas. Saat mengakses situs web, alamat Internet Protocol (IP) Anda dapat dengan mudah dilihat. Melalui alamat IP Anda, lokasi fisik Anda dapat dilacak. Menggunakan VPN dan Proxy membantu untuk menyelubungi alamat IP Anda sehingga sulit untuk melacak koneksi kembali ke Anda.

VPN Gratis dan Berbayar

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa beberapa platform VPN dibayar sementara beberapa gratis. Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan versi gratis, penting untuk dicatat bahwa versi gratis memiliki koneksi yang tidak stabil dan kecepatan lambat, dapat mengirim informasi Anda ke pengiklan atau dapat memasukkan javascript ke komputer Anda untuk tujuan periklanan.

Mereka mungkin menggunakan protokol tidak aman sederhana untuk koneksi dan sebagian besar tidak memiliki dukungan pelanggan, sedangkan versi berbayar memiliki layanan pelanggan premium, dan sejumlah server di berbagai lokasi untuk koneksi yang efisien. Mereka semua memiliki lebih banyak bandwidth, enkripsi tingkat tinggi, dan koneksi yang stabil dan cepat.

Sebagai kesimpulan, di bawah ini adalah pro dan kontra dari membuka blokir YouTube dengan metode yang dinyatakan dalam platform ini.

Pro

Membuka blokir YouTube dengan platform VPN atau proxy menawarkan anonimitas saat Anda mengakses situs
VPN juga membantu meningkatkan keamanan.

Cons

Menggunakan VPN adalah ilegal di beberapa negara dan dapat dihukum oleh hukum.
Beberapa platform VPN dan proxy mahal.

Belum ada Komentar untuk "Cara Cepat Membuka Blokir YouTube "

Posting Komentar

Add Your Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel