How To Make A Good Impression

teori

How to make a good impression – bagaimana cara membuat kesan yang baik pada seseorang. Untuk dapat berkomunikasi secara efektif kita berharap dapat mempengaruhi persepsi orang lain terhadap diri kita. Kita inginkan orang memiliki penilaian yang baik mengenai diri kita memiliki kesan bahwa kita konsisten dengan tujuan kita berkomunikasi. Ada 4 konsep yang dapat mengarahkan orang lain untuk memiliki kesan positif, yaitu :

Inpression Management

Memandang komunikasi antar pribadi sebagai sebuah drama atau sandiwara, ketika kita mengarahkan kesan orang lain kita menghadirkan diri kita dalam dua bentuk perilaku, yaitu depan dan belakang.

  • Depan mengacu pada bagian diri kita yang dapat diamati (diatas panggung).
  • Belakang mengacu pada perilaku di balik panggung yang kita lakukan. Sikap ini bisa dikatakan wajar karena yang depan merupakan situasi sosial sedangkan belakang merupakan situasi pribadi. “Bagaimana kita bersikap untuk menimbulkan kesan”


Retorical Sensitivity

Menjadi peka terhadap diri sendiri, peka terhadap situasi, dan terutama peka terhadap orang lain. Ada 5 karakteristik yang menandai orang yang memiliki rhetorical sensitivy.

  1. Orang yang Rhetorical sensitivy dapat menerima kompeksitas pribadi, yaitu dapat memahami bahwa setiap individu merupakan kesatuan dari banyak diri (Multiple selves). Contohnya : saya memiliki peran sebagai guru, ketika saya berhadapan dengan adik saya dikelas, tentu berbeda manakala peran saya dirumah sebagai seorang kakak.
  2. Orang yang Rhetorical Sensitivy menghindari sifat kaku atau keras dalam berkomunikasi dengan orang lain. Contohnya : ketika saya menolak maka menolaklah dengan lembut.
  3. Orang yang RS akan mengimbangkan kepentingan pribadi dengan kepentingan orang lain.
  4. Orang yang Rhetorical Sensitivy sadar kapan harus mengkomunikasikan atau tidak mengkomunikasikan dalam situasi yg berbeda", melihat kondisi kapan kita harus berkomunikasi kapan kita tidak berkomunikasi.
  5. Orang yang Rhetorical Sensitivy menyadari bahwa suatu pesan dapat dikemukakan melalui berbagai cara dan dia dapat menyesuaikan cara penyampaian pesan kepada partner komunikasi dalam situasi tertentu.
  6. Attributional Responsses

Kita menanggapi dengan cara yang secara jelas menunjukkan suatu makna tertentu terhadap perilaku orang lain, setiap tindak komunikasi dalam suatu percakapan dapat menyertakan suatu ekspresi atau pernyataan atribut melalui penilaian terhadap makna perilaku orang lain. Atribut dapat diterapkan sebaga strategi percakapan.

Konfirmasi Antar Pribadi

Merupakan tanggapan atau reaksi atas perilaku orang lain. Dalam menanggapinya kita memilki 3 alternatif, yaitu KONFIRMASI (kita menerima identifikasi diri orang lain seperti yang ditampilkan dihadapan kita) , MENOLAK (kita mengakui keberadaan orang tersebut namun menyangkal defenisi diri yang dia tampilkan), atau DISKONFIRMASI (lebih jauh dari sekedar penolakan, kita mendiskonfirmasi penampilan orang lain kita sepenuhnya mengabaikan pesan orang lain dan menanggapinya tidak pernah diucapkan).

Belum ada Komentar untuk "How To Make A Good Impression"

Posting Komentar

Add Your Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel