Manajemen Pemerintah Daerah

MANAJEMEN PEMERINTAH DAERAH

Perubahan social dengan berbagai kecendrungan besar sebagai man dikemukakan oleh para ahli masa depan (futurology) secara timbale balik mempengaruhi dan dipengaruh oleh menejemen. Gaya- gaya menejemen dengan orientasi primordial yang selama ini digunakan pada perusahaan di Negara Asia secara bertahap perlu ditinggalkan karena kurang mendorong terciptanya iklim kompetisi yang sehat.
Bangsa Indonesia yang terdiri lebih dari 300 etnis memkiliki peluang untuk megembangkan konsep-konsep menejemen yang eksotissehingga memiliki brand image yang kuat di mata internasional. Para pemelik dan generasi muda memiliki tanggung jawab yang besar untuk dapat mengembangkan kekeyaan budaya semacam itu, yang merupakan sumber daya yang bersifat dapat dipengaruhi.(renevable resounces)

Pada masa mendatang, peran pemerintah akan semakin berkurang seiring dengan meningkatnya kedewasaan masyarakat. Oleh karena itu, pemerintah harus pandai-pandai memilah urusan apakah yang sekiranya masih harus dikelolanya. Urusan yang sangat pentig menyangkut hidup matinya suatu bangsa seperti urusan pertahanan keamanan, moneter, peradilan, hubungan laur negeri harus tetap dikelola oleh pemerintah. Urusan selebihnya daopat diserahkan pada masyarakat melalui pravitasi dibawah pengawasan dan pengendalian [pemerintah. Dengan demikian, buakan menejemen operasional yang diperkuat, melainkan memejemen pengawasan dan peradilan.



Dengan menguatnya kedudukan rakyat dihadapan pemerintah, maka pemerintah dituntut untuk kembali pada kegiatn pokoknya (core business) Seiring dengan perubahan tersebut, p[engawasn social dan masyarakat sebangai pemilik kedaulatan juga akan meningkat. Pemerinatah yang bersih (clean government) akan menjadi salah satu syaratuntuk dapat memasuki percaturan internasional secara terhormat selain syarat rekomendasi dan penegakan HAM.

Diliha dari fungsi pengorganisasian, menejemen pemerintah masa mendatang akan lebih banyak bekerja dengan system jaringan (anetworking). Kerja sama lintas fungsi dan lintas unik akan lebih banyak dilakukan dengan sendirinya hubungan kerja secara hirarki semakin berkurang. Para anggota organisasi cerdas dan kreatif akan mampu menerjemahkan sesuai dengan situasi dan kondisi yang dihadapinya dalam hal ini, deligasi wewenang diberikan kepada setiap anggota organisasi sesuai dengan kapasitas dan kemampuannya konsep pemberdayaan telah terwujud dalam bentuk nyata.

1 Komentar untuk "Manajemen Pemerintah Daerah"

Add Your Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel