Langkah - langkah Mudah Membuat Artikel di Blog

Pada malam ini aku akan share lagi ilmu yang aku dapatkan, dan ketika kita mendapatkan ilmu atau pengetahuan marilah kita berbagi kepada orang lain, agar ilmu kita tetap bermanfaat :). Nah sekarang pada kali ini saya akan menulis artikel tentang langkah-langkah mudah membuat artikel di blog. Mungkin sudah ada beberapa orang yang tau tapi saya akan tetap share untuk pemula juga, biar dia tau cara membuat artikel di blog itu bagaiamana?. Jadi gak usah khawatir saya akan memberikan langkah-langkahnya karena segala perkerjaan harus butuh proses dulu sama hal nya dengan membaut artikel kita harus tau dulu langkah-langkahnya :). Dan membuat suatu artikel atau karya tulis di blog adalah hal yang mudah jika kita menikmatinya, tidak diperlukan banyak pengetahuan mengenai apa yang akan ditulis yang diperlukan hanya perasaan dan imajinasi kita dalam menulis.
Berikut beberapa langkah umum untuk membuat suatu artikel atau karya tulis, semoga bisa membantu Anda untuk mulai menciptakan sebuah artikel.

1. Menentukan Tema dari Artikel yang Anda Buat.
Hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat suatu artikel adalah dengan menentukan tema. terserah anda apa temanya yang penting harus ada tema dulu. Untuk itu segara tentukan tema dari tulisan Anda.

2. Membuat Kerangka Karangan
Untuk mempermudah kerja kita, cara yang menarik adalah dengan membuat kerangka karangan. So, silahkan buat kerangka karangan mengenai apa yang ingin Anda tulis. Sebelumnya saya pernah menulis contoh aplikasinya kerangka di sini

3. Mengumpulkan Informasi dan Bahan Mengenai Apa yang Akan AndaTulis
Setelah tersusun kerangka karangannya, tugas kita adalah mengumpulkan informasi yang dibutuhkan untuk bisa membuat suatu artikel. Kumpulkan semua bahan, lalu segera masuk ke tahap utama. Karena jika sudah mengumpulkan informasi yang kalian dapat akan memudahkan membuat artikel :)

4. Mulai Menulis
Jika semua sudah lengkap, maka silahkan Anda mulai menulis. Menulisnya tidak perlu buru-buru dan takut salah. Pada proses ini Anda bisa menulis apa yang ada di pikiran Anda. Jadi enjoy aja ya.

5. Editing
Ini adalah tahap setelah proses penulisan. Proses editing harus dilakukan setelah tulisan draft kita selesai. Tahap ini kita akan mencermati mengenai tulisan kita. Apakah sudah baik ejaannya, kalimatnya sudah baik dan lain sebagainya. Silahkan Anda edit sebaik mungkin agar karya yang dihasilkan bisa memuaskan.

6. Promosikan/Publish
Ini adalah tahap terakhir. Jika sudah dirasa cukup baik dan menarik silahkan Anda promosikan karya Anda. Untuk promosikan atau publish bisa melalui banyak cara, misalnya lewat facebook, twitter, blog atau dipajang di majalah dinding dan lainnya. Kira-kira begitulah proses menghasilkan sebuah artikel atau karya tulis yang biasa saya lakukan. Tentunya tidak harus sama persis karena setiap orang punya kebiasaan dan gaya masing-masing. Jadi enjoy aja, dan jangan takut salah :).

Mungkin itu beberapa langkah-langkah mudah membuat artikel di blog, semoga bermanfaat dan terimah kasih :).

4 Komentar untuk "Langkah - langkah Mudah Membuat Artikel di Blog"

  1. good bro,hampr sama dengan langkah2 yang selalu ane gunakan

    BalasHapus
  2. mantap gan,berguna untuk saya yang baru belajar bikin artikel

    BalasHapus
  3. nice bro di nyubi3.blogspot.com

    BalasHapus

Add Your Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel