Hal - hal yang Harus Diingat Ketika Anda menulis

Berjumpa lagi dengan saya, semoga kalian tetap sehat dan selalu mengunjungi blog saya karena saya akan membagi ilmu di setiap blog saya ini, dan setiap artikel saya posting pasti membuat anda termotivasi hehehe. baiklah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit tips sederhena mengenai menulis. Sebelumnya saya sudah menulis artikel yang berjudul menulis bebas vs kerangka karangan, nah dalam menulis bebas kita tidak perlu memperthatikan aturan-aturan yang ada dalam menulis kita hanya menulis, menulis dan terus menulis apa yang ada dalam pikiran kita. Di samping itu menulis juga melatih kita dalam ketarampilan menulis dan menigkatkan kemampuan kita dalam menulis juga. Tapi saya pikir dalam aktivitas blogging apa lagi seorang blogger pasti sudah terbiasa dengan menulis heheh, karena dia sering update artikel-artikel yang menartik kalau gak copas artikel orang lain itu sama aja bohong heheh. Kalau sering copas artikel milik orang lain yakin dan percaya keterampilan menulis anda tidak akan berkembang maka dari itu mari kita mulai menulis dengan gaya tulisan anda sendiri jangan meniru gaya orang lain, karena belum tentu gaya terus orang lain yang kita tiru itu bagus. Karena semua manusia memilik kelebihan dan kekurangan masing-masing dan terdapat bakat yang terpendam dalam diri kita. Jika bakat kalian menulis maka kembangkanlah hanya dengan menulis artikel di blog siapa tahu tulisan Anda terkenal di sukai atau tertarik oleh orang heheh.

Kemudian dalam hal menulis awalnya memang susah sih kalau kita mau buat artikel, tapi jika kalian menggang itu sulit makan kalian tidak bisa, jadi anggaplah seuatu itu mudah jika kalian melakukan sesuatu semacam menulis, karena saya menulis adalah hal paling gampang menurut pribadi saya karena kita hanya mengeluarkan ide dalam pikiran kita dan berijiminasi sehingga muncul ide-ide itu dalam pikiran itu. Dan ketika anda mulai menulis cobalah melakukannya seperti ketika anda berbicara. Kalimat-kalimat harus jelas dan langsung ke sasaran. Orang –orang biasanya suka membaca kalimat-kalimat yang jelasa dan sederahana. Di jamin, pembaca pasti akan tertarik.
Ingat, bukan persoalan bagaimana cara Anda menulis, melainkan apa yang Anda harus sampaikan. Juga jangan dilupakan bahwa yang Anda tulis haruslah sesutau yang memang di butuhkan orang, dan bukan seuatu yang anda anggap dibutuhkan orang. Jika anda menulis yang biasa dan semua orang sudah tahu, maka itu perbuatan yang sia-sia. Tapi jika anda sudah yakin bahwa Anda menulis sesuatu yang memang ingin di ketahui oleh orang, maka jangan ditunda lagi!. Mualilah menulis saat ini juga, oleh karena itu saya akan memberikan tips sederhana yaitu hal-hal yang harus selalu diingat ketika Anda menulis.

Berikut ini adalah hal-hal yang harus selalu diingat ketika Anda menulis:
  1. Pastikan bahwa apa yang anda tulis merupakan hal yang orisinal
  2. Tunjukkan kepribadian anda dalam gaya tulisan anda. Artinya jangan pernah meniru gaya tulisan penulisan orang lain, bahkan gaya pengarang idola anda sekali pun. Jadilah diri sendiri!
  3. Gunakan kalmia-kalimat yang jelas dan ringkas
  4.  Gunakan kata-kata yang tidak akan menyebabkan pembaca anda harus bolak-balik membuka kamus hanya untuk memahami maksudnya.
  5. Gunakanlah beberapa ilustrasi atau contoh untuk memperjelas apa yang anda sampaikan.
Jadi kesimpulannya adalah mulailah menulis dengan gaya kalian masing-masing jangan meniru gaya orang, tunjukkan bahwa anda juga bisa dan tetap semangat. Sekian artikel ini semoga bermanfaat dan terimah kasih.

6 Komentar untuk "Hal - hal yang Harus Diingat Ketika Anda menulis"

  1. keren gan, ada yg typo tuh.
    komen back ya www.blog-paw.blogspot.com

    BalasHapus
  2. mantab gan, tulisan ane pasti original dong xixi

    BalasHapus
  3. menurut ane yang susah adalah menyusun kata-kata nya gan

    BalasHapus
  4. hehehe mantab bener,,,, kalau dulu mau nulis harus ada bulpen/ pensil,,,, skarang pakai komputer nulisnya

    BalasHapus
  5. makasih gan informasinya,, ane dapat masukan tentang gaya tulisan ane di blog ane artikel agan bs jadi pembelajaran gan..

    BalasHapus

Add Your Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel