Dampak Buruk Kerja Sama Ekonomi Internasional

ekonomi

Kerja sama ekonomi internasional banyak memberikan manfaat terhadap Negara-negara yang terlibat. Namun, di sisi lain juga memberikan dampak buruk terhasap sebagaian Negara yang terlibat. Negara yang terlibat dalam kerja sama ekonomi pada umumnya mempunyai tingkat kemakmuran yang berbeda.

Ada Negara yang tingkat kemakmurannya tinggi, yang sering disebut dengan Negara maju dan ada pula Negara yang tingkat kemakmurannya masih rendah, yang sering disebut sebagai Negara berkembang seperti Indonesia. Adapun dampak buruk dari kerja sama ekonomi internasional adalah sebagai berikut:

1.    Dampak ketergantungan


Dampak ketergantungan Negara berkembang terhadap Negara maju, antara lain:
  • Banyak Negara berkembang termasuk Indonesia menjadi terbiasa dengan utang
  • Negara dan rakyatnya Negara berkembang termasuk Indonesia menanggung beban pinjaman luar negeri yang menumpuk dan setiap tahum jumlah pinjaman luar negeri tersebut semakin membengkak
  • Banyak Negara berkembang kurang berani bertindak tegas kepada pihak kreditor, misalnya kepada IMF walaupun pihak kreditor mencampuri dan menekan kebujaksanaan ekonomi yang dilakukan Negara berkembang. Contoh dampak ketergantungan adalah jumlah pinjaman yang menumpuk dapat ditunjukkan .
  • Menjelang berakhirnya kontrak kerja sama dengan IMF bulan November 2003 pemerintah Indonesia tampak ragu-ragu untuk mengakhiri kontrak kerja dengan IMF. Padahal IMF telah menekan kebijaksanaan ekonomi Indonesia yang menyebabkan Indonesia sulit mengatasi krisis ekonomi.

2.    Dampak Dominasi


Dampak dominasi antarnegara, antara lain sebagai berikut
  • Banyak Negara berkembang, termasuk Indonesia, sulit melepaskan diri dari kolonialisme ekonomi meskipun telah berhasil membebaskan diri dari kolonialisme politik. Hal itu disebabkan Negara-negara maju dengan berbagai cara berusaha mempertahankan dominasi ekonominya.
  • Sebagai pemegang dominasi ekonomi, Negara maju sering ikut campur tangan masalah dalam negeri di Negara berkembang dengan berbagai dalih, antara lain dalih membela hak asasi manusia
  • Sebagai pemegang dominasi ekonomi, Negara maju sering bertindak angkuh, seolah-olah menjadi “majikan”atau”bos” yang membawahi Negara berkembang.

Berikut adalah contoh-contoh dampak dominasi antarnegara

Pada tanggal 17 agustus 1945 indnesia telah dapat melepaskan diri dari belenggu kolonialisme politik. Namun, hingga sekarang belum dapat melepaskan diri dari ikatan kolonialisme ekonomi, terutama ikatan ketergantungan terhadap Negara maju.

1 Komentar untuk "Dampak Buruk Kerja Sama Ekonomi Internasional"

  1. brarti kerjasama antar negara ga selalu bermanfaat yah, maksih sob artikelnya

    BalasHapus

Add Your Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel