Dampak Radiasi Terhadap Kesehatan


Seiring berkembangnya zaman,manusia pun tersebar ke seluruh penjuru dunia. Komunikasi pun semakin sulit untuk dilakukan, khususnya untuk orang yang tinggalnya berjauhan. Oleh karena itu, manusia memikirkan cara-cara komunikasi yang baru. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menyebabkan munculnya teknik berkomunikasi baru, yaitu telepon. Manusia selalu menginginkan sesuatu yang praktis, maka diciptakanlah telepon genggam yang akrab disebut ponsel (telepon seluler).

Di era globalisasi ini, ponsel sudah menjamur di masyarakat. Ponsel sudah dikatakan sebagai barang yang “merakyat”, artinya digunakan di berbagai kalangan. Handphone ataupun barang elektronik lainnya tentu digagas dengan berbagai alat canggih yang tentu saja membutuhkan waktu dan dana yang mahal. Tapi kita sebagai konsumen harus pintar-pintar memilih sebuah terobosan baru yag dapat menjaga kesehatan.

Dampak radiasi terhadap kesehatan :



1. Menggantungkan telepon seluler dileher atau pinggang.
Bagi mereka yang Arrhytmia (tidak ada irama jantung), fungsi jantung tidak sempurna sebaiknya tidak menggantungkan telepon seluler di dada. Jika telepon seluler digantung di bagian pinggang atau sisi perut mungkin akan mempegaruhi fungsi kesuburan. Cara yang lebih aman dan sehat adalah simpan dalam tas yang dibawa serta.

2. Menempelkan telepon seluler di telinga ketika menelepon.
Ketika menelepon dan belum tersambung, radiasi akan bertambah kuat, maka sebaiknya jauhkan telepon seluler dari bagian kepala, selang 5 detik kemudian baru dihubungai kembali.

3. Sinyal andphone semakin lemah ketika menempel di telinga.           
Berdasarkan prinsip kerja telepon seluler, dalam keadaan sinyal yang agak lemah, telepon seluler akan meningkatkan daya luncur gelombang elektromagnetnya secara otomatis, sehingga intensitas radiasi bertambah kuat. Dengan menempelkan ke telinga, maka radiasi yang dialami bagian kepala akan berlipat ganda.

4. Percakapan telepon seluler terlalu lama.
Para ahli menyarankan, tidak baik berhubungan telepon terlalu lama, jika memamg demikian bisa mempertimbangkan memakai telepon tetap atau memeakai alat pendengar, jika terpaksa harus berhubungan dengan telepon seluler dalam jangka waktu lama juga harus mendengar secara bergantian di kiri dan kanan telinga 1-2 menit.

5. Sembunyi di sudut tembok dan bisik-bisik menerima telepon rahasia.
Dengan bersembunyi di sudut bangunan dalam kondisi umum, penutupan sinyal di sudut bangunan tidak begitu baik, sehingga dengan demikian dapat meyababkan daya radiasi telepon seluler dalm sudut tertentu bertambah besar.

6. Mondar-mandir (selalu bergerak).
Sejumlah orang tanpa sadar suka berjalan perlahan ketika menelepon, selalu bergerak kesana kemari, namun tidak sadar bahwa menggerakkan posisi dapt menyababkan ketidakstabilan sinyal yang diterima, dengan demikian menyebabkan terjadinya luncuran daya tinggi dalam waktu singkat yag tidak diperlukan

Belum ada Komentar untuk "Dampak Radiasi Terhadap Kesehatan"

Posting Komentar

Add Your Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel