Hidup adalah Pilihan Untuk Introspeksi Diri


Sadarkah Anda jika selam ini hidup kita memiliki banayk masalah yang belum dan sulit untuk terselesaikan? Masalah keluarga, masalah karir, masalah percintaan, masalah pertemanan, masalah lingkungan yang kita alami sehari-hari pasti akan berdampak tidak akan enak jika tidak diselesaikan satu per satu. 

Cara menyelesaikan semua masalah yang mendera dalam hidup adalah kita harus segera berintrospeksi diri. Mengapa demikian? Karena hidup adalah pilihan untuk berintrospeksi diri. Jika tidak, pembenahan ke arah yang lebih baik tidak akan menjadikan diri kita mawas diri. 

Untuk membuat hidup adalah pilihan untuk berintrospeksi dalam sebuah masalah, kita hanya harus menjalaninya dengan ikhlas. Masalah keluarga yang tidak harmonis akan bisa terselesaikan sendirinya jika kita introspeksi diri. Apa yang salah dan kurang sehingga terasa tak dekat dengan keluarga? Kurang berkomunikasi? Jika jawabannya ya, cobalah mencari celah untuk sering berkumpul keluarga agar komunikasi bisa terasa lancar.

Misalnya masalah karir yang tidak sesuai dengan keinginan? Itu sudah takdir dan sebaiknya syukurilah. Masih banyak orang lain yang menganggur dan tidak memiliki pekerjaan. Apa tidak malu mengeluh tentang masalah karir, sedangkan orang lain mencari karir yang jelas? Hidup adalah pilihan, jika kita menyikapinya dengan santai dan coba lupakan semua beban, pekerjaan yang tidak disukai pun akan terasa ringan. 

Misalnya lagi tentang masalah percintaan yang rumit karena ketidakcocokan? Itu biasa. Hidup adalah pilihan jika kita sudah mau menerima pasangan kita sebagai pacar. Mau itu baik atau buruk, cobalah menerima pasangan yang sederhana saja . Mungkin ini adalah jalan terbaik dari Allah.

Masalah pertemanan yang sering terjadi salah paham? Jika kita mau dikatakan sebagai teman yang  baik, seharusnya bisa mengerti karakteristik teman-teman kita. Hindari pertikaian karena tidak akan membuat kita lebih berkuasa. Hidup adalah pilihan jika kita menyadari baik atau buruk apapun teman-teman kita, kita harus bisa setia adalah di sampingnya baik itu senang atau sedih.

Masalah lingkungan yang tidak bersahabat? Semua sudah digariskan oleh Yang Maha Kuasa. Kita harus bisa menjadi orang yang ramah dan pandai bergaul agar lingkungan dimana kita menetap bisa terasa ramah dan bersahabat. Untuk itu, jadilah orang yang sering bersilaturahmi akan membuat kita lebih sering terkenal. . 
Hidup adalah pilihan untuk kita jalani sebaik mungkin. Mau itu mengatakan ya, tidak, atau dengan cara introspeksi diri semuanya harus dijalanin dengan konsistensi. 

Jangan pernah sering mengeluh dan tetaplah bersabar. Orang sabar akan menerima hasil yang memuaskan di akhir nantinya. dan orang sabar disayang oleh Tuhan.  Semoga artikel kali ini bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "Hidup adalah Pilihan Untuk Introspeksi Diri"

Posting Komentar

Add Your Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel