Ilmu Alamiah Dasar

Hari ini saya memosting artikel yang berjudul Resume Ilmu Alamiah Dasr. disini saya akan berbagai ilmu kepada kalian tentang ilmu alamiah dasar. pasti orang-orang disekitar kita sudah tau yang namanya ilmu. atau bahkan sudah mempunyai ilmu. tetapi ilmu itu merupakan kekuatan yang datang dari Allah. dan ilmu itu bermacam-macam. tetapi disni saya hanya menjelaskan ilmu alamiah dasar.

Ilmu alamiah adalah ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang gejala” alam semesta, termasuk dimuka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip ilmu “alamiah dasar (Basic Natural Sciense) hanya mengkaji 

ciri khusus manusia sebagai mahluk
1.   Organ tubuhnya kompleks dan  terutama otaknya
2.  Pertukaran zat ada yang masuk dan keluar
3.  Memberikan tanggapan terhadap rangsangan dari dalam dan luar
4.     berkembang biak
5.    Tumbuh dan bergerak
6.     mengalami kematian

1. lmu pengetahuan terapan dan ilmu pengetahuan murni
Ilmu alamiah sebagai hasil perkembangan pola pikir manusia yang terkandung dari hasil pengamatan dan pengalaman tentang mendorong manusia untuk melahirkan pendekatan kebenaran yang tidak hanya mengandalkan kemampuan rasio belaka, dorongan tersebut setidaknya terdiri dari dua sisi yaitu yakni dorongan pertama adalah dorongan yang  memuaskan diri sendiri yang sifatnya non praktis atau teritis guna untuk memenuhi kuriositas dan memahami tentang hakikat alam semesta dan segala isinya, yang selanjutnya melahirkan pure science ilmu pengetahuan murni. Sementara dorongan kedua adalah dorongan yang sifatnya praktis di mana ilmu pengetahuan dimanfaatkan untuk meningkatkan taraf hidup yang lebih tinggi dan selanjutnya disebut applied science ilmu pengetahuan terapan.


2. Ilmu alamiah tidak dapat
a.  Membuktikan ada tidaknya Tuhan
karena ilmu alamiah yang menentukan bidang ilmu alamiah atau metode ilmiah karena bidang ilmu alamiah adalah wahana dimana metode ilmiah dapat diterapkan, sebaliknya bidang non ilmiah adalah wahana metode ilmiah tidak dapat diterapkan. Tentang keberadaan Tuhan merupakan konsep yang tidak bisa menggunakan metode ilmiah dan apabila menggunakan konsep ini bisa menyebabkan orang atheis.
b.  Menentukan sesuatu secara Mutlak
Jkarena tujuan ilmu alamiah membentuk dan menggunakan teori. Dan ilmu alamiah hanya dapat menggunakan bukti kebenaran sementara dengan kata lain n untuk kebenaran sementara adalah “teori” karena tidak ada sesuatu yang mutlak s tetapi harus mengalami perubahan contoh teori tentang bumi.
c.  Mentukan moral dan nilai dari keputusan
Jilmu alamiah dan nilai.Ilmu alamiah tidak menentukan moral atau nilai sesuatu keputusan manusia pemakain ilmu alamiahlah yang menilai apakah hasil ilmu alamiah baik atau sebaliknya contohnya penemuan BOM.
3. Sikap keterbukaan
yaitu mempunyai pandangan yang luas dan terbuka bebas dari praduga dan ia tidak memperoleh buah pikirannya dari dugaan tersebut dan ia akan terus mendapatkan kebenaran dengan prosedur ilmiah dan membuka diri bagi pihak lain untuk menguji dan mengkritik kebenarannya atau selalu menghargai kebenaran orang lain.

4. Memerlukan Matematika
Karena dengan Matematika kita dapat mengetahui dengan cermat bagaimana sesuatu kejadian itu berlangsung dalam perspektif inilah maka logika berkembang menjadi matematika tanpa mematika maka pengetahuan akan berhenti pada tahap kualitatif yang tidak mungkin untuk meningkatkan penalaran yang lebih jauh.

 Demikianlah artilkel saya yang berjudul ilmu alamiah dasar, semoga bermanfaat bagi kalian, dan mendapat sedikit pengetahuan dari artikel ini. Thankyou :)

Belum ada Komentar untuk "Ilmu Alamiah Dasar"

Posting Komentar

Add Your Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel